Selasa, 10 Maret 2009


Jawa Televisi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari JTV)
logo jtv

JTV yang merupakan singkatan dari Jawa Televisi, adalah stasiun televisi swasta di Kota Surabaya, Jawa Timur. JTV adalah televisi swasta regional pertama di Indonesia. Jangkauan JTV meliputi hampir seluruh provinsi Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah.

Beberapa acara JTV (termasuk acara berita, dialog, dan sinetron) disajikan dalam Bahasa Jawa Dialek Surabaya (Boso Suroboyoan), bahkan sejumlah film asing pun di-dubbing ke dalam Boso Suroboyoan. Diantara program acara JTV adalah Pojok Kampung, Pojok Medhureh (berita dalam Bahasa Madura), dan Pojok Kulonan (berita dalam Bahasa Jawa Tengahan). Selain acara-acara yang disiarkan dari JTV Surabaya, JTV juga memiliki acara-acara yang diproduksi oleh cabang JTV di kota lain, seperti misalnya acara Suwar-suwir yang diproduksi dan ditayangkan oleh JTV Jember.

Stasiun televisi ini dimiliki oleh Jawa Pos Grup, yang juga memiliki afiliasi surat kabar dan stasiun televisi di Indonesia.

[sunting]
Pranala luar
Situs Web Resmi JTV

Saat ini JTV sudah memiliki anak TV seperti SBO TV(Surabaya TV), Malioboro TV (Yogyakarta), PJTV (Padjajaran TV) (Bandung), Semarang TV, Bogor TV, Jak TV (Jakarta) dan Mktv (Mahkamah Konstitusi) (Jakarta). Sedangkan biro JTV di Jawa Timur ada 7 yaitu Malang, Jember, Banyuwangi, Kediri, Madiun, Bojonegoro dan Madura. Dahlan Iskan (ceo Jawa Pos Group) mentargetkan JTV untuk melahirkan 20 TV lokal setiap tahunnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar